Jumat, 18 Oktober 2013

Makalah Hukum Internasional

Organisasi Internasional

Eksistensi dan peran dari organisasi internasional atau sering disebut ama anak-anak HI “OI OI OI”
saat ini menjadi begitu penting dalam dunia internasional. Perannya menunjukkan peningkatan dalam beberapa tahun terakhir di lingkup hubungan internasional. Secara nyata fenomena terbentuknya organisasi internasional selalu mengacu pada konsep integrasi antar nation-state yang dalam hal ini berarti bahwa terorganisirnya mereka dibawah satu wadah dapat dimaknai sebagai perwujudan representasi dari tiap individu negara tersebut.
Peran Organisasi Internasional yang dikenal selama ini lebih di tafsirkan untuk menyelesaikan konflik, ya kali…. :D

Sebenernya organisasi internasonali memiliki tupoksinya (tugas pokok, dan fungsi) masing-masing sesuai ADART-nya… ex. PBB dan special agenya  kaya UNESCO, UNICEF, ILO, WTO, IMF dsb., terus ada ICRC untuk konteks HAM n Humaniter, serta ASEAN, Uni Eropa, Uni AFrika, untuk konteks regionalnya. 
Dan karena mungkin yang lagi tren itu konflik, jadi yaudah kita bakalan bahas tentang konflik, sengketa, pertikaian, dsb.


Jadi peran organisasi (beberapa) dalam menyelesaikan konflik adalah:
  1. Regulasi Hubungan Internasional melalui tehni-tehnik penyelesaian pertikaian (konflik) antar negara secara damai. Ya, dalam penyelesaian konflik itu ada 2, secara damai dan kekerasa… sok atuh, pilih yang mana… :D
    Tapi perlu diketahui, bahwasannya cara kekerasan (maybe perang) memang bisa dipilih dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. *ketika prosedur (ada 9 step kalo gak salah) penyelesaian konflik secara dami tidak menemukan hasil
  2. Meminimalkan atau mengendalikan konflik atau perang internasional. Tetapi bukan berarti ikut campur ya (intervensi). Karena asas hukum Internasional tentang Non-Intervention itu dijunjung sekali di dunia. Jadi jangan sok ikut campur kalo ada Negara yg bertikai. :D
  3. Memajukan aktivitas-aktivitas kerja-sama dan pembangunan antar negara demi sosial dan ekonomi kawasan tertentu untuk kepentingan masyarakatnya. OI juga merupakan subjek hukum internasional, jadi bisa melakukan hubungan dengan Negara ataupun OI lainnya.
  4. Pertahanan Kolektif sekelompok negara untuk menghadapi ancaman internal. Penjelasan yang ini baca aja beberapa refrensi tentang PBB (capek)

Dan mungkin yang diatas gak penting-penting amat ya buat mahasiswa mah (yang males ^_^v #peace), dan ini saya akan nge-share beberapa makalah yang mengkaji tentang organsisai internasional, tentang perannya dalam menyelesaikan konflik dsb.

Semoga bermanfaat….


Makalah Penyelesaian Sengketa Internasional - Introduction (Muhammad Havez)
(Memaknai arti sengketa, konflik dan bagaimana prosedur penyelesaiannya :)

Makalah Organiasai Internasional - Genesis of United Nations (Muhammad Havez)
(PBB organisasi terbesar di dunia, ini bapaknya dari organisasi-organisasi internasional bisa disebut founding father, disini akan ngejelasin tentang sejarah berdirinya PBB dari jaman jebot sampe sekarang)
Download or view :

Makalah Organisasi Int. - All About International Court of Justice (Muhammad Havez)
(Kalo orang indonesia melakukan tindak pidana, masuk ke Pengadilan Negeri (Pidana), kalo konteks internasionalnya kalo melakukan kasus ya hati-hati disidang di International Criminal Cour (ICC) haha, tapi disini gak ngejelasin ICC melainkan mengkaji ICJ yaitu lembaga tertingginya lagi. sok yang berminat

Makalah tentang Peranan Organisasi-organisasi Internasional (Role of International Organizations):


General Assembly tau? keren ya kali jadi perwakilan GA, jadi setiap ada sidang pas di panggil "INDONESIA" berdiri langsung ngomong "yes present, I havez delegation of indoensia, present and vote"
di PBB ada yang namanya majelis umum... kalo mau tau monggo, makalahnya bagus oleh (Emi Eliza)
http://www.mediafire.com/view/s7kaigz67icwb3a/Makalah_OI_-_Pernan_General_Assembly_PBB_Dalam_Menyelesaikan_Konflik_Internasional.pdf


Pernanan ECOSOC membawa dunia menjadi lebih baik (ECOSOC adalah salah satu bagian dari PBB yang dispesifikasikasikan untuk menangani masalah Ekonomi, Sosial, dan Budaya (M Jeffry Rananda)
http://www.mediafire.com/view/4h13lm574mq4966/Makalah_OI_-_Peran_Dewan_Ekonomi_Sosial_Membawa_Dunia_Menjadi_Yang_Lebih_Baik_Dalam_Mensukseskan_MDGs.pdf

Peran Organisasi Regional dan Hubungannya dengan Internasional, pembahasan secara umum tentang organisasi-organiasi regional di dunia ex. ASEAN, Uni Eropa, Uni Afrika, dsb. oleh (Fachrurozie)

Peranan Uni Eropa Dalam Menyelesaikan Konflik (Specific Case Rusia v. Georgia) oleh Muhammad Havez
http://www.mediafire.com/view/8xs6adb5czaxgtp/Makalah_HPSI_-_Peranan_Uni_Eropa_Dalam_Penyelesaian_Konflik_Rusia_Dan_Georgia.pdf

So, jangan lupa..
Pernah kepikir gak gagaimana Status Hukum Organisasi Internasional? Kok bisa jadi subjek hukum internasional?
Makalah OI tentang Status Hukum Organisasi Internasional (Ade AY Marbun)
http://www.mediafire.com/view/nb2s9v18z80aynd/Makalah_OI_-_Bagaimana_Status_Hukum_Dari_Organisasi_Internasional.pdf

Bagaimana suatu negara, organisasi internasional atau entitas dapat melakukan pengakuan terhadap suatu negara sebagai subjek hukum internasional lainnya?
Makalah OI - About Cognitions (Pengakuan) and International Organisation (Ichsan Jaya Kelana) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar